• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    KPU Targetkan Delapan Puluh Persen Partisipasi Pemilih Pemula di Pilkada

    Selasa, 01 Oktober 2024
    KPU Kabupaten Karawang melaksanakan sosialisasi pemilih pemula di Pilkada serentak tahun 2024.


    KarawangNews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang menargetkan 80 persen pemilih muda dan pemula dapat berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.


    Hal itu disampaikan Komisioner KPU Kadiv SDM Parmas, Ikmal Maulana dalam sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula diikuti puluhan peserta perwakilan siswa SMA dan siswa SMK di Kabupaten Karawang.


     "KPU mengapresiasi kegiatan ini karena pentingnya pendidikan politik dan edukasi bagi pemilih pemula yang akan ikut memilih pada 27 November mendatang," kata Ikmal Maulana, Senin (29/9/2024).


    Dikatakan Ikmal Maulana, target KPU untuk pemilih muda dan pemula tersebut sebanyak 80 persen dapat berpartisipasi di Pilkada Karawang.


    "Pilkada esok diharapkan KPU, melalui sosialisasi ini mengunggah kesadaran diri bisa dipilih berdasarkan hati nurani dan berdasarkan kajian analisa yang kritis juga pertimbangan matang oleh para pemilih pemula," ungkapnya.


    Disinggung terkait 'money politik' dalam Pilkada, ditanggapi Ikmal Maulana mengatakan, hal itu dimulai dari kesadaran untuk menolaknya dengan literasi akan dampak money politik, kemudian tugas edukasi kolaboratif itu bukan hanya KPU dan Bawaslu tapi juga tugas lembaga pendidikan serta tugas partai politik yang melahirkan pasangan calon.


    Ia menekankan, ini harus menjadi tugas komprehensif terkait money politik yang beredar di masyarakat, dan itu akan terdistorsi terkikis dengan kesadaran yang terus meningkat melalui edukasi dan literasi tentang bahaya dan dampak money politik. 


    Ia berharap masyarakat yang datang ke TPS, khususnya generasi muda itu, bukan karena ajakan rayuan dan iming-iming tapi karena kesadaran untuk partisipasi aktif dalam pemungutan suara tersebut.


    "Dengan kesadaran diri, kita menentukan pilihan agar bisa melahirkan pemimpin yang sehat dan mampu memajukan Karawang dan Jawa Barat," ujarnya. [Sukarya]


    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +