• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Belasan Waker Bersihkan Sumbatan Sampah Air di Kotabaru

    Rabu, 02 Oktober 2024
    Pasukan Biru Dinas PUPR Kabupaten Karawang, Jawa Barat.


    KarawangNews.com - Sebanyak 13 orang tim Pasukan Biru Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, bidang Sumber Daya Air (SDA) diterjunkan langsung ke lokasi saluran air tersumbat yang dikeluhkan warga di wilayah Kecamatan Kotabaru.


    Yaya Suhaya.


    Ketua Koordinator wilayah UPTD 2 Cikampek, Bidang SDA Dinas PUPR Karawang, Yaya Suhaya, akrab disapa Kang Yaya mengatakan, hari ini dimulai kerja jam 8.00 WIB pagi, kami bersama tim Waker Kotabaru membersihkan 2 titik di 2 desa yang terdampak saluran air tersumbat.


    "Alhamdulillah, saluran air yang tersumbat tersebut telah kami bersihkan bersama tim Pasukan Biru, PUPR Karawang," Rabu (2/10/2024).


    Lanjut Yaya mengatakan, saat ini targetnya berada di wilayah Desa Cikampek Utara tepatnya seberang jalan Desa Pucung, dan juga di wilayah Desa Cikampek Barat tepatnya di depan toko buah, kedua titik itu kendalanya adalah sama akibat endapan lumpur dan sampah.


    Dikatakannya, dimungkinkan kurangnya kesadaran akan kebersihan, ada oknum warga yang buang sampah sembarangan ditambah lumpur yang sudah lama tidak dibersihkan, jadi salah satu penyebab saluran air tersebut tersumbat.


    "Izin saya menyarankan, seharusnya jadi perhatian bagi Pemdes setempat, harus ada inisiatif kerja bakti bersama warga, agar endapan lumpur itu rutin dibersihkan, sehingga ketika hujan tiba aliran air pun menjadi lancar," ucapnya.


    Lebih jauh dia menjelaskan, keberadaan tim Pasukan Biru Dinas PUPR ini akan tetap siaga ketika dibutuhkan dan menerima aduan keluhan warga, di tiap-tiap wilayah tugas di Kabupaten Karawang.


    Perlu diketahui terang Kang Yaya ada sebanyak 5 UPTD SDA di Kabupaten Karawang ini yang memiliki tim petugas Waker Pasukan Biru antara lain UPTD 1 di Karawang Kota, UPTD 2 wilayah Cikampek, UPTD 3 Telagasari, UPTD 4 Tempuran dan UPTD 5 di Rengasdengklok.


    "Dan salah satunya di UPTD 2 Cikampek ini, memiliki Pasukan Biru petugas Waker yang berada di 6 wilayah antara lain di Kecamatan Tirtamulya sebanyak 16 orang, Kecamatan Kotabaru ada 13 orang, Kecamatan Klari, Purwasari ada 12 orang, Kecamatan Banyusari ada 12 orang dan Kecamatan Jatisari sebanyak 17 orang," bebernya.


    Selain itu, Kang Yaya menyampaikan, pekerjaan gorol (kerja bersama) tim Waker tersebut mempunyai tugas pokoknya adalah bekerja berada di bangunan pintu-pintu air di wilayah Kecamatan masing-masing.


    "Mereka semua bertugas mengatur aliran air ke tiap saluran menuju pesawahan dan juga membersihkan rumput saluran- saluran irigasi di tiap wilayahnya," kata Kang Yaya. 


    Sementara itu, di tempat yang sama Siti (35) warga Cikampek Utara memberi apresiasi terhadap adanya tim Pasukan Biru yang telah membersihkan saluran air tersebut.


    "Terima kasih telah membantu warga, bagus sekali dengan adanya tim Pasukan Biru ini," ujarnya.


    Editor: Sukarya.

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +