• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    SMSI Berikan Pelatihan Jurnalistik kepada Humas Kemenag Karawang

    Jumat, 02 Agustus 2024


    KarawangNews.com - Puluhan humas Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Karawang yang terdiri dari Humas Madrasah, Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan dan organisasi mitra ikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan jurnalistik dan kehumasan yang diberikan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI),  di Aula H. Sopian Kantor Kemenag Karawang, Jumat (3/7/2024) siang.


    Kegiatan ini dihadiri Ketua SMSI Karawang, Suhlan Pribadie dan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Karawang, Ocim Rosman, kegiatan dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Karawang yang diwakili Kasubag Tata Usaha (TU), H. Yakub Lubis Al Fauzi. 


    Dikatakan H. Yakub, pihaknya hadirkan satker humas di lingkungan Kemenag untuk ikuti pendidikan dan pelatihan jurnalistik kehumasan, karena merupakan kontributor penting untuk menuangkan pemikiran, gagasan, sosialisasi dan penyampai informasi layanan kementrian agama kepada masyarakat melalui media. 


    Sehingga, masyarakat secara luas mampu mengakses segala bentuk layanan informasi di setiap seksi yang ada di lingkungan Kemenag, berikut program-programnya, seperti PD Pontren, Bimas, madrasah hingga pelayanan haji dan umroh.


    "Bagi kami humas sangat menentukan, semua informasi pelayanan dan program bisa diakses oleh semua masyarakat, sebab apalah artinya program dan kegiatan, kalau tidak bisa dinikmati dan diterima informasinya oleh masyarakat, " kata dia. 


    Ia menambahkan, Kemenag dewasa ini sangat membutuhkan peran humas di era digitalisasi, karena perencanaan dan pelaporan sudah di buat dengan sistem online dan jejaring sosial, sehingga bisa mengimbangi ketertinggalan teknologi.


    Ia juga menghimbau, agar para satker bisa optimal menyampaikan segala bentuk program kehumasan dan kegiatan Kemenag kepada masyarakat luas. 


    "Era digital ini mudah untuk promosikan segala bentuk program dan kegiatan, maka manfaatkanlah digital untuk jadi wahana mencerdaskan dan pemberi akses bagi masyarakat, " ungkapnya.


    Kata Yakub, Kanwil Kemenag Jawa Barat memberikan apresiasi kepada Kemenag Karawang di tahun 2023 lalu sebagai instansi yang paling banyak berkontribusi banyak dalam pemberitaan di Jawa Barat. 


    Untuk itu, konsistensi apresiasi ini, perlu di pertahankan setiap bulannya dengan melibatkan para penyuluh agama di KUA, humas madrasah dan juga humas diseksi lainnya.


    "Kita berupaya mempertahankan prestasi kontributor berita paling banyak di lingkungan Kanwil Kementrian Agama Jawa Barat, maka pendidikan dan pelatihan jurnalistik ini kami lakukan, termasuk upaya pengadaan podcast ke depan lingkungan kementrian agama, " ungkapnya. 


    Sementara, Suhlan Pribadie mengatakan, pihaknya apresiasi pegawai di lingkungan Kemenag dalam upaya memperdalam kehumasan dan pendidikan jurnalistik. 


    Pada dasarnya, teori 5W1H ini penting jadi pedoman, bukan hanya bagi jurnalis, tetapi juga semua orang dalam menginvestigasi sebuah hasil karya tulisan menjadi sebuah pemberitaan dan informasi yang sempurna, lengkap dan berimbang.


    "Memang digitalisasi penting, bagaimana konten dan akun dewasa ini bisa mempengaruhi setiap pembaca, oleh karenanya teori-teori jurnalistik perlu menambah wawasan bagi humas untuk hasilkan tulisan yang sempurna, lengkap dan berimbang, " ujar dia. [Sukarya]

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +