• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Petani, Peternak dan Petambak di Karawang Harus 'Upgrade Skill'

    Sabtu, 31 Agustus 2024

     

    H. Erick Heryawan Kusumah, SE

    KarawangNews.com - Petani, peternak dan pembudidaya ikan di Karawang, Jawa Barat harus 'upgrade' kemampuan dan wawasan, supaya bisa memenuhi produk pasar yang kekinian.


    Hal itu dikatakan anggota DPRD Karawang asal daerah pemilihan (Dapil) V, H. Erick Heryawan Kusumah, SE, Sabtu (31/8/2024) siang. 


    "Untuk meng-upgrade, kita akan gandeng akademi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), lebih kepada peningkatan 'skill' dan wawasan untuk para petani, peternak juga perikanan," ucapnya.


    Diakuinya, keharusan meng-upgrade para petani, peternak dan pembudidaya ikan termasuk nelayan ini supaya semua produksi hasil bumi tersebut laku dipasarkan dan tidak kalah saing dengan daerah lain.


    Untuk itu, produk pertanian di Karawang ini harus mempunyai khas, sehingga punya nilai tawar tinggi dibanding produk luar daerah. 


    Selain itu, permintaan ikan juga selalu tinggi, ini kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang menguntungkan dari budidaya ikan air tawar di tambak-tambak pesisir pantai Karawang.


    Terlebih bila memilih komoditas ikan air tawar unggulan yang sangat diminati, seperti ikan nila.


    Seperti yang dilakukan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu, telah meresmikan model kawasan tambak budi daya ikan nila salin di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Desa Pusakajaya Utara.


    Diharapkan Presiden RI, model tambak ini bisa menjadi nilai ekonomi yang sangat tinggi untuk masyarakat, khususnya petambak di sepanjang pantai utara (pantura) pulau Jawa.


    Diketahui, H. Erick Heryawan Kusumah merupakan anggota dewan Fraksi Partai NasDem dari daerah pemilihan 5 Kabupaten Karawang, dengan jumlah suara pada Pemilihan Legislatif 2024 kemarin sebanyak 10.180 suara.


    Pria kelahiran Karawang 30 Oktober 1979 ini adalah pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang terjun ke dunia politik, dia bertekad punya peran langsung mengembangkan daerah.

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +