• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Calon Petahana Harus Cuti Tujuh Hari Sebelum Penetapan KPU di Pilkada Serentak 2024

    Jumat, 16 Agustus 2024
    Kepala Bagian Otonomi Daerah Provinsi Jawa Barat, Surya Kencana (kiri).


    KarawangNews.com - Pasangan calon petahana atau bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kembali ikut sebagai peserta kontestasi harus mengajukan cuti tujuh hari sebelum penetapan pasangan calon kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.


    Serta wajib hukumnya mentaati Peraturan KPU tersebut, selama pelaksanaan masa kampanye, dimulai pada hari Rabu 25 September - Sabtu 23 November 2024.


    Diketahui untuk pendaftaran pasangan calon kontestasi dimulai pada 27-29 Agustus 2024, lanjut penelitian persyaratan calon dimulai Selasa 27 Agustus - 21 September 2024, lalu untuk penetapan pasangan calon pada  Minggu 22 September 2024 dan pelaksanaan Pilkada serentak akan digelar pada 27 November 2024.


    Hal itu disampaikan Kepala Bagian Otonomi Daerah (Kabag Otda) Provinsi Jawa Barat, Surya Kencana, dalam sosialisasi penyelenggaraan Pilkada 2024 di salah satu hotel ternama di Kabupaten Karawang, beberapa waktu lalu.


    "Gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota yang mencalonkan kembali pada daerah yang sama, selama masa kampanye memenuhi cuti di luar tanggungan negara dan dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya," kata Surya Kencana, Jumat (16/8/2024) siang.


    Diterangkannya, peraturan tersebut tertuang pada undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 70 Ayat 3. Selanjutnya dijelaskan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 74 Tahun 2016 tentang cuti di luar tanggungan negara bagi kepala daerah dimulai dari tingkat provinsi dan kabupaten/kota tertuang di Pasal 2 disebutkan.


    "Gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota yang mencalonkan kembali pada daerah yang sama, selama masa kampanye harus memenuhi ketentuan: a, menjalani cuti di luar tanggungan negara, dan b, dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya," tegasnya.


    Dia juga menyebutkan dalam Permendagri pada Pasal 3 Ayat 1 dan 2 disampaikannya, cuti di luar tanggungan negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf a, bagi gubernur dan wakil gubernur diberikan oleh menteri atas nama presiden. Dan bagi bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota diberikan oleh gubernur atas nama menteri.


    "Gubernur memberikan cuti di luar tanggungan negara kepada bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota paling lambat tujuh hari sebelum penetapan pasangan calon," bebernya. 


    Dalam kegiatan tersebut, Surya Kencana, mengapresiasi atas pembentukan Dukungan Elemen Satuan Kerja (Desk) Pilkada 2024, yang diikuti camat dari 30 kecamatan di kabupaten Karawang. Pada kesempatan itu juga, ada pemaparan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang terkait kinerja dan netralitas ASN serta sanksi bila terjadi pelanggaran pada penyelenggaraan Pilkada serentak tersebut.


    "Kita apresiasi telah dibentuknya Desk Pilkada 2024 di Karawang, demi berjalannya roda pemerintahan yang sinergis dan humanis, serta bersama-sama mendukung untuk menjaga ketentraman dan ketertiban. Sehingga Pilkada serentak 2024, dapat berhubungan luas berkolaborasi dengan semua pihak," ujar dia. [Sukarya]

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +